Beberapa Rumus yang Terdapat di Excell

Posted by Unknown Senin, 10 Februari 2014 0 komentar
Dalam penggunaan Program Microsoft Excel, Pasti tidak lepas dari penggunaan rumus/formula karena Microsoft Excel memang dirancang untuk pengolahan data. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai rumus-rumus standar dalam excel. Rumus Standar yang kami maksud adalah rumus-rumus yang paling sering digunakan karena memang merupakan rumus-rumus dasar yang wajib dikuasai, diantaranya:

  1. Rumus Pengurangan
  2. Rumus Pembagian
  3. Rumus Perkalian
  4. Rumus Rata-Rata
  5. Rumus Penjumlahan

Berikut penjelasan mengenai rumus-rumus standar pada microsoft excell :
1). Rumus Pengurangan
Selain Rumus penjumlahan, rumus yang paling banyak digunakan lainnya adalah rumus pengurangan.
Cara menggunakan rumus pengurangan Kita bisa menggunakan operator (-).
contohnya pada sel A2 masukkan angka 150 dan pada sel B2 masukkan angka 100, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2-B2 kemudian ENTER hasilnya 50.

 

2). Rumus Pembagian
Untuk melakukan pembagian data dalam microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan operator (/)
Contohnya: pada sel A2 masukkan angka 125 dan pada sel B2 masukkan angka 5, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2/B2 kemudian ENTER hasilnya 25.




3). Rumus Perkalian
Ada 2 cara dalam menggunakan rumus Perkalian di program Microsoft Excel, pertama menggunakan operator (*) dan yang kedua menggunakan formula PRODUCT.
Contoh: pada sel A2 masukkan angka 25 dan pada sel B2 masukkan angka 5, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2*B2 kemudian ENTER hasilnya 125.
Sekarang coba rubah rumus pada C3 menjadi =PRODUCT(A2:B2) maka hasilnya akan sama 125.



4). Rumus Rata-Rata
Untuk mengetahui jumlah rata-rata dengan MIcrosoft Excel caranya sangat mudah yakni dengan menggunakan formula AVERAGE
Contohnya seperti gambar dibawah ini:



5). Rumus Penjumlahan
Rumus Penjumlahan adalah rumus yang bisa dikatakan paling sering digunakan dalam pengolahan data diprogram Microsoft ExcelDalam penggunaan rumus penjumlahan kita punya dua pilihan, bisa menggunakan Operator (+) atau menggunakan Fungsi SUM.
Contoh: pada sel A2 masukkan angka 100 dan pada sel B2 masukkan angka 150, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2+B2 kemudian ENTER. maka hasilnya adalah 250. Sekarang coba ganti rumus pada sel C3 menjadi seperti ini =SUM(A2:B2) kemudian ENTER, maka hasilnya akan sama 250.


Penggunaan operator (+) tentu akan mudah di ingat terutama bagi pemula yang baru menggunakan program Microsoft Excel tapi kelemahannya jika jumlah data yang harus di jumlah terlalu banyak misal A1-A100 maka rumusnya akan terlalu panjang seperti A1+A2+A3... sampai +A100, beda dengan penggunaan formula SUM, kita cukup menuliskan rumus =SUM(A1:A100), lebih sedikit penulisan rumusnya dan tentunya akan menghemat waktu.






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Beberapa Rumus yang Terdapat di Excell
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://anneaaben.blogspot.com/2014/02/beberapa-rumus-yang-terdapat-di-excell.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

kursus online support kursus komputer | Copyright of kursus komputer.